FLIP FLOP

Pengertian

    Flip-flop adalah suatu rangkaian elektronika yang memiliki dua kondisi stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Flip Flop merupakan pengaplikasian gerbang logika yang bersifat Multivibrator Bistabil. Dikatakan Multibrator Bistabil karena kedua tingkat tegangan keluaran pada Multivibrator tersebut adalah stabil dan hanya akan mengubah situasi tingkat tegangan keluarannya saat dipicu (trigger).  Flip-flop mempunyai dua Output (Keluaran) yang salah satu outputnya merupakan komplemen Output yang lain.

Flip-flop Elektronik yang pertama kali ditemukan oleh dua orang ahli fisika Inggris William Eccles and F. W. Jordan pada tahun 1918 ini merupakan dasar dari penyimpan data memory pada komputer maupun Smartphone.  Flip-flop juga dapat digunakan sebagai penghitung detak dan sebagai penyinkronsasian input sinyal waktu variabel untuk beberapa sinyal waktu referensi.

Jenis-Jenis Flip Flop

1. S-R flip-flop

FLIP-FLOP LED

S-R merupakan singkatan dari set dan reset. Sesuai dengan namanya rangkaian ini terdiri dari dua input yaitu S dan R.

Selain itu juga terdapat dua keluaran (output) yaitu Q dan Q. rangkaian ini biasanya terbuat dari 2 gerbang logika  NOR ataupun 2 gerbang logika NAND.

Terdapat pula S-R flip-flop yang menggunakan gabungan dari 2 gerbang logika NOR dan NAND.

2. D Flip-flop

RANGKAIAN FLIP-FLOP

Pada dasarnya ialah modifikasi dari S-R flip-flop namun ditambahkan gerbang logika NOT (inverter) dari input S ke input R.

Lain halnya dengan S-R flip-flop, rangkaian D flip-flop hanya memiliki satu input yaitu D.

3. J-K flip-flop

FLIP-FLOP

Rangkaian ini merupakan pengembangan dari S-R flip-flop dan paling sering digunakan. J-K flip-flop mempunyai 3 terminal input yaitu J, K dan CL (clock).

4. T flip-flop

RANGKAIAN FLIP-FLOP SIMPEL

Rangkaian ini merupakan bentuk yang lebih simple dari J-K flip-flop. Kedua input J dan K yang dihubungkan kemudian sering disebut dengan single J-K flip-flop.

5. CRS flip-flop

RANGKAIAN FLIP-FLOP

Merupakan rangkaian clocked RS-FF yang sudah dilengkapi dengan terminal pulsa clock. Pulsa clock berguna untuk mengatur keadaan set dan reset.

Jika pulsa clock berlogic 0 maka perubahan logic input R dan S tidak akan berdampak pada perubahan output Q dan Qnot. Output Q dan Qnot akan berubah jika pulsa clock berlogik 1.

Referensi :

https://teknikelektronika.com/pengertian-flip-flop-jenis-flip-flop/

https://serviceacjogja.pro/rangkaian-flip-flop/

https://binus.ac.id/bandung/2019/12/flip-flop-dan-jenis-jenisnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MULTIPLEXER DAN DEMULTIPLEXER